Adu Cepat Wifi Vs Mobile Data


Seringkali kita lebih nyaman memakai jaringan Wifi ketimbang mobile data. Alasannya, kondisi kestabilan Wifi sanggup lebih baik daripada beberapa provider.


Perangkat smartphone pun terkadang mengharuskan penggunaan jaringan Wifi untuk pengunduhan pembaruan sistem atau file yang berukuran besar. Tapi, apakah jaringan Wifi lebih cepat dari mobile data bila dibentuk berselancar di dunia maya?

Ternyata, perkiraan bahwa jaringan Wifi selalu lebih kencang kurang tepat. Kebanyakan daerah di dunia, bahkan di negara berkembang, lebih mengandalkan konektivitas mobile data, alih-alih Wifi.

Seperti dikutip The Verge dari Open Signal mengenai kecepatan Wifi dan internet di 80 negara, disebutkan bahwa 33 negara mempunyai mobile data lebih cepat dari Wifi. Angka ini termasuk sejumlah negara maju menyerupai Australia, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Prancis.

Menurut studi tersebut, rata-rata terdapat perbedaan kecepatan sebesar 10-13 Mbps antara mobile data dan Wifi.

Perbedaan kecepatan ini disebabkan oleh aspek menyerupai pengembangan menara BTS yang lebih baik untuk wireless broadband, dan sulitnya pemanfaatan broadband internet kabel serta ASDL.

Di negara yang masih memanfaatkan kabel, menyerupai AS, Singapura, Hongkong, bahkan Indonesia, tentu Wifi masih lebih cepat.

Meski demikian, perkiraan bahwa Wifi makin kencang sudah mulai ditinggalkan. Pasalnya, bila dibandingkan bertahun-tahun kemudian dimana koneksi mobile masih 2G dan 3G, sekarang koneksi 4G yang bakal merambah 5G justru bakal lebih kencang.

Sama menyerupai jaringan seluler operator, konektivitas Wifi juga kerap mengalami masalah. Hal itu tentunya mengganggu acara berselancar di internet.

Guna mengatasi problem tersebut, ada empat cara sederhana meningkatkan sinyal Wifi tanpa harus mengunduh aplikasi khusus pada smartphone. Berikut ulasannya:

Meletakkan Wifi router di Ruang Terbuka

Cara pertama yang dilakukan, meletakkan Wifi router di daerah terbuka. Hal ini diyakini sanggup menciptakan sinyal Wifi berjalan baik.

Jika Wifi router diletakkan di lokasi yang berdekatan dengan benda menyerupai tembok, lemari atau pintu, kemungkinan besar sanggup menghambat sinyal. Oleh lantaran itu, lebih baik letakkan perangkat tersebut di daerah terbuka tanpa penghalang di dekatnya.

Ganti Password Wifi

Penyebab lain sinyal WiFi lemot, sanggup jadi lantaran jaringan Kamu telah dibobol seseorang. Namun jangan khawatir, Kamu tetap sanggup mengatasi hal itu.

Sebaiknya, ganti password Wifi secara terencana dan melengkapinya dengan keamanan yang lebih tinggi.

Periksa Casing Ponsel

Casing ponsel ternyata sanggup berperan menghambat sinyal Wifi, sehingga laju jaringan terhambat. Ini disebabkan antena Wifi pada ponsel sanggup di depan atau belakang bodi, jadi ada kemungkinan tertutup casing.

Kalau casing ponsel Kamu menutupi antena Wifi, sebaiknya buka biar konektivitas sanggup berjalan normal kembali.

Hapus Jaringan lain yang tersimpan

Kamu sering mengunjungi daerah yang mempunyai layanan Wifi gratis, tentu akan ada banyak data tersimpan. Hal itu sanggup memengaruhi kinerja sinyal Wifi pada ponsel.

Guna mengatasi problem tersebut, hapus daftar Wifi usang yang tak lagi digunakan pada smartphone. Tujuannya biar ponsel bekerja dengan lebih baik.

0 Response to "Adu Cepat Wifi Vs Mobile Data"

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

Tutorial Setting Mikrotik Os = Limit Bandwith,Block Website,Hotspot

Buatlah rancang berdiri sebuah Server yang berfungsi sebagai Server Router, pengatur bandwith, block website dan hotspot jaringan dengan be...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2