Apa Sih Itu Cmd ???


Apa sih itu CMD ???


Mungkin banyak diantara kita yang masih belum mengerti apa itu CMD dan bahkan apa fungsinya. Mungkin kita sebagai pengguna Windows hanya tahu cara bermain Games di Windows tetapi tidak tahu kiprah penting dari CMD di Windows itu sendiri. Disini saya akan memberitahukan apa itu CMD dan fungsinya.


CMD merupakan akronim dari Command PromptCommand Prompt secara resmi disebut Windows Command Processor tetapi terkadang juga disebut command shell atau cmd prompt, atau bahkan disebut menurut nama filenya, cmd.exe dan terkadang disalah artikan sebagai DOS Prompt/sebagai MS-DOS. 



Ads by Google =================================================================================================


=================================================================================================


Apa fungsi/kegunaan dari CMD ?
Command Prompt/CMD digunakan untuk menjalankan suatu perintah yang dimasukkan. Sebagian besar perintah tersebut digunakan untuk mengotomatiskan kiprah melalui skrip dan File Batch, menjalankan fungsi Administratif tingkat lanjut, dan memecahkan duduk perkara dan menuntaskan beberapa jenis duduk perkara Windows.

Bagaimana cara mengakses CMD ?
CMD sanggup diakses melalui shortcut dari CMD yang berada di Menu Start atau sanggup dengan melalui Menu RUN (Windows + R) kemudian ketik cmd dan ENTER.

Bagaimana cara menggunakan CMD ?
Untuk menggunakan CMD, anda diharuskan memasukkan perintah yang valid dengan parameter yang benar. CMD kemudian akan menjalankan perintah untuk masuk dan melaksanakan tugasnya sesuai dengan perintah yang dijalankannya.
Jika kita memasukkan perintah yang tidak Valid/tidak benar maka sanggup menimbulkan perintah gagal dimasukkan ke cmd atau bahkan jikalau memasukkan perintah dengan asal-asalan sanggup berdampak jelek pada Windows dikomputer itu sendiri.

Di Sistem Operasi apa saja CMD tersedia ketika ini ?
CMD ketika ini tersedia pada setiap sistem operasi berbasis Windows NT yang meliputi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 2000 dan Windows Server 2012/2008/2003

Pada Windows 98 dan 95, baris perintahnya disebut command.com
Dalam MS-DOS, command.com ialah tampilan default antarmuka pengguna.

Contoh Perintah dalam CMD

1.Append
Perintah ini digunakan untuk membuka file dalam direktori lain seakan-akan berada didirektori ketika ini.

2.Attib
Perintah ini digunakan untuk mengubah atribut suatu file/sebuah direktori.

3.Call
Perintah ini digunakan untuk menjalankan sebuah jadwal skrip/batch dalam jadwal skrip/batch lainnya.

Perintah ini tidak mempunyai efek luar dari file/program skrip/batch atau sanggup dibilangmenjalankan perintah ini di DOS Prompt tidak akan memberi efek apapun.

4.CD
Perintah CD ialah versi singkat dari perintah chdir.

5.CHDIR(ChangeDirectory)
Merupakan perintah yang digunakan untuk menampilkan drive dan folder yang anda masuk.
chdir hanya sanggup digunakan untuk mengubah/berpindah drive/directory yang kau inginkan.

6.CHKDSK
Perintah ini dijalankan untuk mengecek disk/drive, ini digunakan untuk mengindentifikasi dan menyelidiki kesalahan pada suatu hard drive.

7.CLS
Peintah ini digunakan untuk membersihkan/menghilangkan seluruh teks perintah yang dimasukkan dan tampil dilayar supaya lebih gampang memasukkan perintah yang baru.

0 Response to "Apa Sih Itu Cmd ???"

Post a Comment

Entri yang Diunggulkan

Tutorial Setting Mikrotik Os = Limit Bandwith,Block Website,Hotspot

Buatlah rancang berdiri sebuah Server yang berfungsi sebagai Server Router, pengatur bandwith, block website dan hotspot jaringan dengan be...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2